Gua Lokale, Sebuah Gua Yang Tak Berujung di Kota Wamena Papua

NABIRE.INFO | Gua Lokale adalah salah satu kekayaan alam Papua yang sangat unik dan misterius. Pasalnya hingga sampai detik ini ujung dari ...


NABIRE.INFO | Gua Lokale adalah salah satu kekayaan alam Papua yang sangat unik dan misterius. Pasalnya hingga sampai detik ini ujung dari gua ini belum pernah ditemukan.

Gua Lokale yang awalnya bernama gua "Wikuda", terletak di desa Woslimo, tepatnya di lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua, yang jaraknya sekitar 20 kilometer dari kota Wamena, dan dihuni oleh hampir sebagian suku Dani.

Menurut Benny Walela, seorang penjaga gua ini, pernah di tahun 1996 datang dua orang peneliti asal Amerika yang mencoba masuk ke dalam gua untuk menemukan ujungnya, namun hingga dua hari lamanya mereka berjalan di dalam gua, mereka tidak bisa menemukan ujung dari gua tersebut.

Sehingga pada akhirnya kedua peneliti asal Amerika tersebut mengklaim bahwa gua Lokale adalah gua terpanjang di dunia, karena hingga saat ini belum ditemukan ujungnya.



Bapak Benny Walela (Penjaga Gua Lokale)

"Sejauh ini, perjalanan paling jauh yang bisa ditempuh oleh pengunjung goa baru mencapai 3 km," demikian ungkap Benny ketika ditemuia awak media ini pada Jumat (22/01/21).

Diketahui bahwa Gua Lokale ini mulai dikunjungi wisatawan sejak tahun 1992, namun menurut Benny, hingga detik ini perhatian Pemerintah daerah masih sangat kurang.

Adapun gua ini terbentuk dari bebatuan kapur dan pada sekitar gua terdapat banyak hutan pinus. Pintu masuk ke dalam gua Lokale berbentuk celah sempit, dan terdapat tangga masuk ke dalam gua.

Keadaan dalam gua sangat gelap, sehingga para pengunjung yang akan memasuki gua Lokale harus menggunakan senter. Sementara udara dalam gua cukup dingin dan terdapat banyak stalagmit serta stalagtit di langit-langit gua. Stalagtit tersebut berbentuk bintang-bintang.

Di dalam gua Lokale juga terdapat beberapa mata air, dan uniknya sekitar 2 km di kedalaman gua terdapat dua Aula besar lengkap dengan tempat duduk yang menyerupai ruang rapat. Sementara salah satu dinding gua Lokale memiliki rongga yang apabila di ketuk, maka akan menimbulkan bunyi gendang. (Red)

Galeri:













KOMENTAR

Name

AGAMA DAN FILSAFAT ARTIKEL ANDA BUKU DAN JURNAL COVID-19 DAERAH DESTINASI WISATA GAYA HIDUP HEADLINE HUKUM DAN KRIMINAL HUMOR INTERNASIONAL MOTIVASI NABIRE NASIONAL OLAHRAGA KESEHATAN PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI PUISI & CERPEN Sains dan Humaniora SOSIAL DAN POLITIK TENTANG CINTA UPDATE VIDEO
false
ltr
item
NABIRE.INFO: Gua Lokale, Sebuah Gua Yang Tak Berujung di Kota Wamena Papua
Gua Lokale, Sebuah Gua Yang Tak Berujung di Kota Wamena Papua
https://1.bp.blogspot.com/-hd8qEnzGbGo/YBIIHvE67II/AAAAAAAACr4/ac2B0i1cvU0kPBaC6fe0V2UtOBvRNNjxgCLcBGAsYHQ/w640-h426/iiio.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-hd8qEnzGbGo/YBIIHvE67II/AAAAAAAACr4/ac2B0i1cvU0kPBaC6fe0V2UtOBvRNNjxgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/iiio.jpg
NABIRE.INFO
https://www.nabire.info/2021/03/gua-lokale-sebuah-gua-yang-tak-berujung.html
https://www.nabire.info/
https://www.nabire.info/
https://www.nabire.info/2021/03/gua-lokale-sebuah-gua-yang-tak-berujung.html
true
5556882474248109387
UTF-8
Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS LIHAT SEMUA BERITA TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy