Pimpin Apel Kasatwil Seluruh Indonesia, Kapolri Intruksikan Patuhi Protab Covid-19

NABIRE.INFO - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Idham Azis,  pada Rabu (25/11/2020),  memimpin langsung apel ...

NABIRE.INFO - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Idham Azis, pada Rabu (25/11/2020), memimpin langsung apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) seluruh Indonesia yang berlangsung di  Gedung Rupatama Markas Besar Polri, Jakarta Selatan.

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh 34 Kapolda dan 493 Kapolres dengan menerapkan Protokol kesehatan. Sehingga beberapa Kapolda dan Kapolres mengikuti acara ini secara virtual. 

Usai apel, Irjen Argo Yuwono, selaku Kepala Divisi Humas Polri menjelaskan bahwa dalam arahannya Kapolri memberikan beberapa arahan tegas kepada seluruh jajarannya di seluruh Indonesia. Diantaranya, terkait dengan penanganan Covid-19. 

Menurut Argo, Kapolri menginstruksikan untuk para Kasatwil tidak ragu-ragu dalam menegakan protokol kesehatan di masyarakat.

"Jadi, kegiatan Apel Kasatwil ini berkaitan dengan beberapa hal. Penanganan Covid-19 bahwa penekanan pada undang-undang yaitu para Kapolda harus menegakkan protokol kesehatan, tidak ada keragu-raguan bersama dengan TNI, Satpol PP dan tokoh masyarakat," kata Argo. 

Arahan tegas lainnya adalah bahwa para Kapolda dan Kapolres diminta untuk menjunjung netralitas sebagai harga mati dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Selain itu, jajaran juga diinstruksikan menjaga keamanan saat pesta demokrasi itu berlangsung.

"Berkaitan dengan Pilkada Serentak 2020, tentunya dengan adanya Pilkada ini mulai dari para Kapolda, Kapolres yang ada Pilkada nya serentak di 270 provinsi, kabupaten/kota akan melakukan pengamanan TPS, mengamankan kotak surat suara, himbauan tentang perhitungan suara dan pentahapan-pentahapan lainnya. Dalam Pilkada penekanannya adalah netralitas harga mati," ujar Argo. 

Menurutnya apabila Kasatwil melanggar hal tersebut, maka Kapolri tidak akan segan-segan memberikan sanks disiplin kepada jajarannya.

"Kemudian apabila ada anggota Kepolisian yang melakukan pelanggaran, ditekankan oleh Bapak Kapolri melalui STR, Vidcon, atau arahan langsung akan ditindak tegas berdasarkan pelanggaran yang dilakukan di lapangan," ucap Argo.

Terkait UU Cipta Kerja Omnibus Law. Kapolri memperbolehkan masyarakat menggelar aksi, namun para Kasatwil diinstruksikan untuk langsung menindak tegas apabila demonstrasi penolakan berujung anarkis.

"Berkaitan dengan Omnibus Law, tentunya akan dikeluarkan kebijakan, apabila memang dalam menyampaikan pendapat telah diatur dalam amanat undang-undang, apabila terjadi anarkis akan ditindak tegas," beber Argo.

Sedangkan dalam pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polri akan melakukan pengamanan dengan operasi khusus Kepolisian terpusat dengan sandi Opera Lilin yang diselenggarakan mulai dari tanggal 23 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021.

"Pengamanan Operasi Lilin tersebut ada 191.534 personel yang dilibatkan dalam operasi tersebut, kemudian membuat 4.216 pos pelayanan dan pos pengamanan. Untuk kegiatan tersebut kami mengedepankan kegiatan simpati dan tidak ada represif," ujar Argo.

Untuk aksi simpati, dikatakan Argo bahwa Kapolri berkeinginan agar jajarannya melakukan aksi simpatik kepada masyarakat khususnya pengguna jalan apabila ada yang melanggar dengan cara memberikan bantuan sosial berupa sembako, masker serta hand sanitizer. 

"Melalui Aslog, Kapolri menyampaikan telah menyediakan 5.000 ton beras yang saat ini berada di Bulog untuk diberikan kepada Polda dan Polres seluruh Indonesia agar dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 terkait pendistribusiannya akan di rumuskan oleh Aslog," tutur Argo.


Jenderal Idham Azis (Kapolri)

Dalam Rapim Apel Kasatwil tahun 2020, Kapolri menekankan pula bahwa seluruh kegiatan difokuskan kepada giat kemanusiaan/bakti sosial, sinergitas TNI-Polri mengkristal didalam hati seluruh anggota dan pembinaan personel Kepolisian dengan reward and punishment.

Disisi lain, Argo membeberkan bahwa sejak kepemimpinan Kapolri Idham Aziz dan telah dirumuskan oleh ASDM Kapolri bahwa sampai saat ini tidak ada anjak/seluruhnya memiliki jabatan dan sudah ditempatkan. 

"Nantinya akan datang lulusan Lemhanas dan Sesko TNI dari Kepolisian yang akan langsung ditempatkan sesuai dengan kompetensinya," ujar Argo.

Mengakhiri penjelasannya, Argo menyampaikan bahwa Polri berharap Apel Kasatwil T.A 2020 untuk kemasyarakatan bangsa Indonesia dapat bermanfaat (Red)

KOMENTAR

Name

AGAMA DAN FILSAFAT ARTIKEL ANDA BUKU DAN JURNAL COVID-19 DAERAH DESTINASI WISATA GAYA HIDUP HEADLINE HUKUM DAN KRIMINAL HUMOR INTERNASIONAL MOTIVASI NABIRE NASIONAL OLAHRAGA KESEHATAN PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI PUISI & CERPEN Sains dan Humaniora SOSIAL DAN POLITIK TENTANG CINTA UPDATE VIDEO
false
ltr
item
NABIRE.INFO: Pimpin Apel Kasatwil Seluruh Indonesia, Kapolri Intruksikan Patuhi Protab Covid-19
Pimpin Apel Kasatwil Seluruh Indonesia, Kapolri Intruksikan Patuhi Protab Covid-19
https://1.bp.blogspot.com/-o8w1l2N02JA/X75eNp6u6QI/AAAAAAAAAjo/cQcr5yQMdP4qf2c3KwdRTJlg-PnRmi2WQCLcBGAsYHQ/w640-h426/6764545e-204f-4a13-ba74-377c40ee5ac1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-o8w1l2N02JA/X75eNp6u6QI/AAAAAAAAAjo/cQcr5yQMdP4qf2c3KwdRTJlg-PnRmi2WQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/6764545e-204f-4a13-ba74-377c40ee5ac1.jpg
NABIRE.INFO
https://www.nabire.info/2020/11/pimpin-apel-kasatwil-seluruh-indonesia.html
https://www.nabire.info/
https://www.nabire.info/
https://www.nabire.info/2020/11/pimpin-apel-kasatwil-seluruh-indonesia.html
true
5556882474248109387
UTF-8
Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS LIHAT SEMUA BERITA TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy