Melindungi Alam dan Habitatnya, Suku Yerisiam Akan Kembangkan Museum Alam

KETERANGAN FOTO: Lokasi yang direncanakan untuk dijadikan Museum Alam – Oleh: BuiofiNavandu NABIRE.INFO –  Demi melindungi alam dan ha...


KETERANGAN FOTO: Lokasi yang direncanakan untuk dijadikan Museum Alam – Oleh: BuiofiNavandu

NABIRE.INFO – Demi melindungi alam dan habitat yang berada di dalamnya, maka Suku Besar Yerisiam Gua, khususnya Sub Suku Waoha, pada (26/06/20), menggelar rapat untuk mengembangkan Museum Alam.

Hasil rapat Suku Besar Yerisiam Gua tersebut menghasilkan tiga kesepakatan yang disetujui bersama. Pertama, akan melakukan pemetaan untuk wilayah yang akan dijadikan sebagai museum alam. Kedua, mengangkat ketua-ketua marga (Fam/kerek) dan Ketiga, melakukan survei dan pemetaan di wilayah atau area sub suku Waoha.

“Dari hasil rapat itu, pada sabtu kemarin kami sudah melakukan pemancangan di area yang akan dijadikan museum alam. Ini sebagai tindak lanjut dari hasil kesepakatan poin pertama,” ujar juru bicara suku besar Yerisiam Gua, Sambena Inggeruhi di Nabire, pada Selasa (07/07/2020).

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan untuk melindungi alam dan habitat didalamnya. Sebab saat ini hutan sudah rusak, sehingga pihaknya ingin menunjukan kepada anak cucu agar mereka kelak tidak hanya memelihat dari foto (gambar) serta mendengar cerita jika ada alam dan isinya pernah ada diwilayah itu.

“Kami pikir bahwa kalau hutan dibiarkan rusak maka anak cucu hanya akan lihat dari foto atau cerita,” tuturnya.

Inggeruhi menambahkan, pihaknya telah menyadari bahwa sebagai orang tua selama ini sudah ikut membiarkan hutan dan isinya di rusak. Misalnya, dengan masuknya sawit, penebangan hutan baik disengaja ataupun tidak, dan pemburuan satwa secara liar didalamnya.

Sehingga, lanjut Inggeruhi, dengan kesepakatan bersama untuk melindungi sebagian hutan yang berkolasi diantara Kali (Sungai Bambu) dan Kampung Wami ini akan benar-benar di jaga untuk tidak rusak, terutama segala jenis pohon dan satwa di dalam areal tersebut. kesadaran itu timbul dari masyarakat dan pengurus suku Besar Yerisiam.

“Jadi kami bersepakat untuk lindungi dan tidak di rusak baik oleh kami sendiri atau siapapun mulai saat ini. Ini merupakan kesadaran yang timbul dari masyarakat dan kami semua akan bertanggungjawab untuk hal ini," tegas Inggeruhi.

Imanuel Money, menambahkan bahwa sisa hutan yang ada di wilayahnya sudah tidak banyak lagi. Olehnya itu, tidak ada alasan lain untuk bersepakat dan menjaga hutan serta isinya. Pihaknya akan selalu menjaga keputusan bersama itu, agar anak-anak kelak tidak hanya mendengar nama jenis kayu dari buku atau dari foto, tetapi melihat langsung bahwa inilah alam mereka.

“Kami sebagai orang-orang tua sudah sadar. Jadi jangan sampai anak cucu ke depan hidup di daerah tandus tidak berpohon. Sehingga, kesepakatan ini akan kami laksanakan dan saat ini sedang kami persiapkan segala keperluan untuk melindungi areal ini dari siapapun, termasuk dari pihak kami sendiri untuk tidak di rusak,” tandas Kepala Sub Suku Waoha ini. (Red,Tiru).

KOMENTAR

EMAIL NEWSLETTER$desc=Subscribe to receive inspiration, ideas, and news in your inbox

Name

AGAMA DAN FILSAFAT ARTIKEL ANDA BUKU DAN JURNAL COVID-19 DAERAH DESTINASI WISATA GAYA HIDUP HEADLINE HUKUM DAN KRIMINAL HUMOR INTERNASIONAL MOTIVASI NABIRE NASIONAL OLAHRAGA KESEHATAN PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI PUISI & CERPEN Sains dan Humaniora SOSIAL DAN POLITIK TENTANG CINTA UPDATE VIDEO
false
ltr
item
NABIRE.INFO: Melindungi Alam dan Habitatnya, Suku Yerisiam Akan Kembangkan Museum Alam
Melindungi Alam dan Habitatnya, Suku Yerisiam Akan Kembangkan Museum Alam
https://1.bp.blogspot.com/-g5KlvmEzfPs/XwPGBg0ZMAI/AAAAAAAAAl0/Vdmh7xIsDs8Q6xBfFNQABNHniPPLwjMGACLcBGAsYHQ/s640/photo_2020-07-06_07-43-57.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-g5KlvmEzfPs/XwPGBg0ZMAI/AAAAAAAAAl0/Vdmh7xIsDs8Q6xBfFNQABNHniPPLwjMGACLcBGAsYHQ/s72-c/photo_2020-07-06_07-43-57.jpg
NABIRE.INFO
https://www.nabire.info/2020/07/melindungi-alam-dan-habitatnya-suku.html
https://www.nabire.info/
https://www.nabire.info/
https://www.nabire.info/2020/07/melindungi-alam-dan-habitatnya-suku.html
true
5556882474248109387
UTF-8
Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS LIHAT SEMUA BERITA TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy